Jumat, 06 Januari 2012


  • LAPORAN PRAKTIKUM
    ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN




    Nama        : METODIUS AVE MAHATMA PUTRA B 
    NIM         : 113310027
              JURUSAN :  D3 – Teknik Komputer




    Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
    AKAKOM
    Y O G Y A K A R T A


    MODUL I
    ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DENGAN NETBEANS

    A.      DASAR TEORI

    Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistemasis dan sesuai dengan logika manusia. Untuk menjadi sebuah algoritama urutan langkah yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah harus memberikan hasil yang benar.
    Unfied modeling language (UML) belakangan ini merupakan skema reprensentasi grafis yang banyak digunakan secara luas untuk permodelan system berorientasi objek. UML adalah bahasa grafis yang kompleks dan kaya dengan fitur, contohnya Activity Diagram. Activity Diagram adalah flowchar yang memodelkan aksi yang akan dikerjakn oleh objek beserta dengan ordernya.
                Netbeans adalah IDE yang ditujukan untuk memudahkan pemrograman java. Dalam netbeans, pemrograman berbasis visual dan event driven. Untuk membuat dialog atau user-interface, kita tidak perlu membuat teks program secara manual baris per baris, tatapi cukup “klik” pada component-pallete. Teks program akan dihasilkan secara otomatis. Netbeans mencangkup complier atau builder, dan debugger internal.


    B.      PEMBAHASAN

    Program 1:
    public class ProgramSederhana {
        public static void main(String[] args) {
            System.out.println("Titik Nurhayati");
            System.out.println("Jalan Raya Janti");
        }
    }
    Hasil Program :
    Penjelasan :
    Pada scrip di atas adalah menentukan paket untuk tempat penyimpanan program
    public class ProgramSederhana {
        public static void main(String[] args) {
    Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama ProgramSederhana. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu  dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.
            System.out.println("Titik Nurhayati");
            System.out.println("Jalan Raya Janti");
        }
    }
    kita menggunakan objek  System.out dan memanggil metode println()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan println() maka hasil output akan tercetak di bawahnya, bukan di sampingnya.

    Program Pada Latihan 1 :
    public class Latihan1 {
        public static void main(String[] args) {
            System.out.print("Haloo Semua...");
            System.out.print("Selamat Belajar Java..");
        }
    }
    Hasil Program :
    Penjelasan :
    package titik.lat1;
    Pada scrip di atas adalah menentukan paket untuk tempat penyimpanan program
    public class Latihan1{
        public static void main(String[] args) {
    Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama Latihan1. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu  dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.
            System.out.print("Haloo Semua...");
            System.out.print("Selamat Belajar Java..");
        }
    }
    kita menggunakan objek  System.out dan memanggil metode print()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan print() maka hasil output akan tercetak di sampingnya, bukan di bawahnya.

    Program Pada Latihan 2 :
    public class Latihan2 {
        public static void main(String[] args) {
            System.out.println("Kami Sedang Belajar Java");
            System.out.println("Jangan Di Ganggu...!");    }}

    Hasil Program :
    Penjelasan :
    Pada scrip di atas adalah menentukan paket untuk tempat penyimpanan program
    public class Latihan2{
        public static void main(String[] args) {
    Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama Latihan2. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu  dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.
            System.out.println("Kami Sedang Belajar Java");
            System.out.println("Jangan Di Ganggu...!");    }}
    kita menggunakan objek  System.out dan memanggil metode println()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan println() maka hasil output akan tercetak di bawahnya, bukan di sampingnya.


    C.     TUGAS

    1.      Apa saja kelebihan NetBeans sebagai IDE pemrograman java ?
    Mempunyai garbage collection, dapat membuat program berbasis visual dan event driven, tidak perlu membuat teks program secara manual baris per baris untuk membuat dialog atau user-interface, dapat menghasilkan teks program secara otomatis, di dalam netbeans juga ada compailer, builder, dan debugger internal.

    2.      Sebutkan editor yang dapat digunakan untuk program java !
    NotePad, TextPad, GEL, Enclips




    D.    KESIMPULAN

    Dari pernyataan – pernyataan di atas, dapat kita simpulkan bahwa untuk membuat program dengan bahasa pemrograman java akan lebih mudah sekali jika kita membuatnya dengan editor yaitu NetBeans, karena NetBeans mudah di gunakan dan teks program akan dihasilkan otomatis

    E.     LISTING

    Terlampir


    MODUL II
    PEMROGRAMAN DENGAN JAVA

    A.     DASAR TEORI

    Java adalah bahasa pemrograman multi platform. Java tidak menyediakan IDE khusus seperti hal bahasa pmrograman yang lain. Pemrogram bisa menggunakan IDE yang support ke java. Misalnya Neatbeans, Eclips, Texpad dan lain-lain. Editor teks bisa digunakan semisal notepad. Jika editor yang digunakan tidak support java, kita tinggal menyimpan dalam ekstensi java kemudian kompilasi dan menjalankan dengan commond prompt.
    Elemen-elemen dasar pemrograman Java terdiri dari:
    1)      Himpunan Karakter
    Himpunan karakter terdiri dari huruf, digit maupun symbol-simbol lainya.
    Contohnya :
    Huruf             : A, a,B,b, C, c, . . .
    Digit   : 0, 1, 2, 3, 4, 5, . . .
    Symbol dan lainnya : _ - + $ # * dan sebagainya
    2)      Pengenal
    Pengenal atau indentifier adalah suatu nama yang bisa dipakai dalam pemrograman untuk menyataan:
    -          Variable
    -          Konstanta bernama
    -          Tipe data
    -          Fungsi
    -          Label
    -          Obyek
                                        Contoh :
                                        moMhs;
                                        no_Mhs;
                            Kata kunci
                            Pengenalan sistem yang mempunyai makna khusus bagi compiler. Kegunaan dari golongan ini tidak berubah.
    3)      Tipe Data Primitif

                Bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman yang selalu menggunakan tipe data uintuk setiap variabelnya. Itu berarti bahwa semua variable harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum mereka digunakan.

    4)       Variabel dan Konstanta

           Variable digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai. dan nilai yang       ada padanya dapat diubah selama ekseskusi berlangsung Konstanta adalah nilai                       yang tetap.
          Contoh :
                     Float jumlah;
                     Jumlah = 10;

    5)     Konstanta bernama

    Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci const.
    Contoh :
                Const float PHI = 3.14;




    NILAI DEFAULT

            Tidak selalu perlu untuk menentukan suatu nilai ketika sebuah field dideklarasikan . fleld yang dideklarasikan tetapi tidak diinisialisasikan akan diset ke default yang ada oleh compiler. Secara umum, default ini akan bernilai null atau zero tergantung pada tipe datanya. Table 1.2 merangkum nilai default untuk tipe-tipe data di atas.



    PERNYATAAN MASUKAN DAN KELUARAN DALAM JAVA

            Dalam bahasa pemrograman java, kita akan menggunakan pernyataan untuk menghadapi masukan dari keyboard. Sedangkan pernyatan keluarkan adalah pernyaatan untuk menampilkan sesuatu nilai ke layar.

    1.      Komponen keluaran
    Untuk menampilkan kelayar secaran teksual. java  mempunyai fasilitas output, yaitu dengan perintah
    Sytem.out.print (hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu); untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai selesai  berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran setelah itu akan ditampilkan pada baris berikutnya.
    System.out.println ( Hasil penjumlahan ‘’.+hasil) ;
    //menampilkan isi variable hasil

    2.      Komponen masukan
    Untuk memasukan sebuah nilai ke variable yang sudah didefinisikan digunakan kelas Scanner (kelas ini disediakan mulai java versi 1.5).
    a.      Input data bertipe Integer
    Untuk mengimputkan data dengan tipe integer digunakan method nextlnt di dalam  kelas Scanner.
    b.      Input data bertipe String
    Untuk mengimputkan data dengan tipe integer digunakan method nextlnt didalam kelas Scanner.
    c.       Input tipe yang lain
    Untuk input data dari keyboard dengan tipe yang lain dan disediakan oleh kelas Scanner adalah sebagai berikut:


    B.     PEMBAHASAN

    Program 1 :
    public class Pertama {
        public static void main(String[] args) {
            System.out.println("Selamat Datang di STMIK AKAKOM");
        }
    }
    Hasil Program:
    Penjelasan :
    public class Pertama {
        public static void main(String[] args) {
    Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama Pertama. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu  dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.
            System.out.println("Selamat Datang di STMIK AKAKOM");
        }}
    kita menggunakan objek  System.out dan memanggil metode println()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan println() maka hasil output akan tercetak di bawahnya, bukan di sampingnya.

    Latihan :
    public class Dua {
        public static void main(String[] args) {
            System.out.println("        BIODATA PRIBADI");
            System.out.println("===============================");
            System.out.println("Nama    : Titik Nurhayati");
            System.out.println("Nim     : 093110013");
            System.out.println("Jurusan : Teknik Informatika");
        }}
    Hasil :
    Penjelasan :
    public class Dua {
        public static void main(String[] args) {
    Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama Dua. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu  dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.
            System.out.println("        BIODATA PRIBADI");
            System.out.println("===============================");
            System.out.println("Nama    : Titik Nurhayati");
            System.out.println("Nim     : 093110013");
            System.out.println("Jurusan : Teknik Informatika");
            System.out.println("Jenis Kelamin : Perempuan");
            System.out.println("Tanggal Lahir : 05-09-1990");
            System.out.println("Alamat  : Jalan Raya Janti");
        }}
    kita menggunakan objek  System.out dan memanggil metode println()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan println() maka hasil output akan tercetak di bawahnya, bukan di sampingnya.


    C.     TUGAS

    1.      Buat Program untuk menampilkan 5 jurusan yang ada pada STMIK AKAKOM?
          public class Tugas
    {
        public static void main(String[] args)
        {
            System.out.println("STMIK AKAKOM YOGYAKARTA");
            System.out.println("JL. Raya Janti 143");
            System.out.println("============================");
            System.out.println("Program Studi");
            System.out.println("Teknik Informatika/TI");
            System.out.println("Sistem Informasi/SI");
            System.out.println("Manajemen Informatika/D3");
            System.out.println("Teknik Komputer/D3");
            System.out.println("Komputerisasi Akuntansi/D3");
        }
    }

    2.      Tugas dari dosen pengampu?
    Tidak ada tugas dari dosen pengampu


    D.     KESIMPULAN

    Dari penjelasan-penjelasan di atas dapat kita simpulkan, bahwa untuk membuat program dengan bahasa pemrograman java, kita harus membuat sebuah class untuk membedakan program yang satu dengan program yang lain, supaya jika kelas itu ingin di edit kita tidak kebingungan mencari file nya.

    E.      LISTING

    Terlampir 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar