- LAPORAN PRAKTIKUMALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Nama : METODIUS AVE MAHATMA PUTRA B
NIM : 113310027
JURUSAN : D3 – Teknik Komputer
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan KomputerAKAKOMY O G Y A K A R T AMODUL IALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DENGAN NETBEANSA. DASAR TEORIAlgoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistemasis dan sesuai dengan logika manusia. Untuk menjadi sebuah algoritama urutan langkah yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah harus memberikan hasil yang benar.Unfied modeling language (UML) belakangan ini merupakan skema reprensentasi grafis yang banyak digunakan secara luas untuk permodelan system berorientasi objek. UML adalah bahasa grafis yang kompleks dan kaya dengan fitur, contohnya Activity Diagram. Activity Diagram adalah flowchar yang memodelkan aksi yang akan dikerjakn oleh objek beserta dengan ordernya.Netbeans adalah IDE yang ditujukan untuk memudahkan pemrograman java. Dalam netbeans, pemrograman berbasis visual dan event driven. Untuk membuat dialog atau user-interface, kita tidak perlu membuat teks program secara manual baris per baris, tatapi cukup “klik” pada component-pallete. Teks program akan dihasilkan secara otomatis. Netbeans mencangkup complier atau builder, dan debugger internal.B. PEMBAHASANProgram 1:public class ProgramSederhana {public static void main(String[] args) {System.out.println("Titik Nurhayati");System.out.println("Jalan Raya Janti");}}Hasil Program :Penjelasan :Pada scrip di atas adalah menentukan paket untuk tempat penyimpanan programpublic class ProgramSederhana {public static void main(String[] args) {Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama ProgramSederhana. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.System.out.println("Titik Nurhayati");System.out.println("Jalan Raya Janti");}}kita menggunakan objek System.out dan memanggil metode println()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan println() maka hasil output akan tercetak di bawahnya, bukan di sampingnya.Program Pada Latihan 1 :public class Latihan1 {public static void main(String[] args) {System.out.print("Haloo Semua...");System.out.print("Selamat Belajar Java..");}}Hasil Program :Penjelasan :package titik.lat1;Pada scrip di atas adalah menentukan paket untuk tempat penyimpanan programpublic class Latihan1{public static void main(String[] args) {Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama Latihan1. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.System.out.print("Haloo Semua...");System.out.print("Selamat Belajar Java..");}}kita menggunakan objek System.out dan memanggil metode print()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan print() maka hasil output akan tercetak di sampingnya, bukan di bawahnya.Program Pada Latihan 2 :public class Latihan2 {public static void main(String[] args) {System.out.println("Kami Sedang Belajar Java");System.out.println("Jangan Di Ganggu...!"); }}Hasil Program :Penjelasan :Pada scrip di atas adalah menentukan paket untuk tempat penyimpanan programpublic class Latihan2{public static void main(String[] args) {Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama Latihan2. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.System.out.println("Kami Sedang Belajar Java");System.out.println("Jangan Di Ganggu...!"); }}kita menggunakan objek System.out dan memanggil metode println()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan println() maka hasil output akan tercetak di bawahnya, bukan di sampingnya.C. TUGAS1. Apa saja kelebihan NetBeans sebagai IDE pemrograman java ?Mempunyai garbage collection, dapat membuat program berbasis visual dan event driven, tidak perlu membuat teks program secara manual baris per baris untuk membuat dialog atau user-interface, dapat menghasilkan teks program secara otomatis, di dalam netbeans juga ada compailer, builder, dan debugger internal.2. Sebutkan editor yang dapat digunakan untuk program java !NotePad, TextPad, GEL, EnclipsD. KESIMPULANDari pernyataan – pernyataan di atas, dapat kita simpulkan bahwa untuk membuat program dengan bahasa pemrograman java akan lebih mudah sekali jika kita membuatnya dengan editor yaitu NetBeans, karena NetBeans mudah di gunakan dan teks program akan dihasilkan otomatisE. LISTINGTerlampirMODUL IIPEMROGRAMAN DENGAN JAVAA. DASAR TEORIJava adalah bahasa pemrograman multi platform. Java tidak menyediakan IDE khusus seperti hal bahasa pmrograman yang lain. Pemrogram bisa menggunakan IDE yang support ke java. Misalnya Neatbeans, Eclips, Texpad dan lain-lain. Editor teks bisa digunakan semisal notepad. Jika editor yang digunakan tidak support java, kita tinggal menyimpan dalam ekstensi java kemudian kompilasi dan menjalankan dengan commond prompt.Elemen-elemen dasar pemrograman Java terdiri dari:1) Himpunan KarakterHimpunan karakter terdiri dari huruf, digit maupun symbol-simbol lainya.Contohnya :Huruf : A, a,B,b, C, c, . . .Digit : 0, 1, 2, 3, 4, 5, . . .Symbol dan lainnya : _ - + $ # * dan sebagainya2) PengenalPengenal atau indentifier adalah suatu nama yang bisa dipakai dalam pemrograman untuk menyataan:- Variable- Konstanta bernama- Tipe data- Fungsi- Label- ObyekContoh :moMhs;no_Mhs;Kata kunciPengenalan sistem yang mempunyai makna khusus bagi compiler. Kegunaan dari golongan ini tidak berubah.3) Tipe Data PrimitifBahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman yang selalu menggunakan tipe data uintuk setiap variabelnya. Itu berarti bahwa semua variable harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum mereka digunakan.4) Variabel dan KonstantaVariable digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai. dan nilai yang ada padanya dapat diubah selama ekseskusi berlangsung Konstanta adalah nilai yang tetap.Contoh :Float jumlah;Jumlah = 10;5) Konstanta bernamaHal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci const.Contoh :Const float PHI = 3.14;NILAI DEFAULTTidak selalu perlu untuk menentukan suatu nilai ketika sebuah field dideklarasikan . fleld yang dideklarasikan tetapi tidak diinisialisasikan akan diset ke default yang ada oleh compiler. Secara umum, default ini akan bernilai null atau zero tergantung pada tipe datanya. Table 1.2 merangkum nilai default untuk tipe-tipe data di atas.PERNYATAAN MASUKAN DAN KELUARAN DALAM JAVADalam bahasa pemrograman java, kita akan menggunakan pernyataan untuk menghadapi masukan dari keyboard. Sedangkan pernyatan keluarkan adalah pernyaatan untuk menampilkan sesuatu nilai ke layar.1. Komponen keluaranUntuk menampilkan kelayar secaran teksual. java mempunyai fasilitas output, yaitu dengan perintahSytem.out.print (hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu); untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai selesai berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran setelah itu akan ditampilkan pada baris berikutnya.System.out.println ( Hasil penjumlahan ‘’.+hasil) ;//menampilkan isi variable hasil2. Komponen masukanUntuk memasukan sebuah nilai ke variable yang sudah didefinisikan digunakan kelas Scanner (kelas ini disediakan mulai java versi 1.5).a. Input data bertipe IntegerUntuk mengimputkan data dengan tipe integer digunakan method nextlnt di dalam kelas Scanner.b. Input data bertipe StringUntuk mengimputkan data dengan tipe integer digunakan method nextlnt didalam kelas Scanner.c. Input tipe yang lainUntuk input data dari keyboard dengan tipe yang lain dan disediakan oleh kelas Scanner adalah sebagai berikut:B. PEMBAHASANProgram 1 :public class Pertama {public static void main(String[] args) {System.out.println("Selamat Datang di STMIK AKAKOM");}}Hasil Program:Penjelasan :public class Pertama {public static void main(String[] args) {Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama Pertama. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.System.out.println("Selamat Datang di STMIK AKAKOM");}}kita menggunakan objek System.out dan memanggil metode println()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan println() maka hasil output akan tercetak di bawahnya, bukan di sampingnya.Latihan :public class Dua {public static void main(String[] args) {System.out.println(" BIODATA PRIBADI");System.out.println("===============================");System.out.println("Nama : Titik Nurhayati");System.out.println("Nim : 093110013");System.out.println("Jurusan : Teknik Informatika");}}Hasil :Penjelasan :public class Dua {public static void main(String[] args) {Terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Class itu sendiri diberi nama Dua. Lalu kita menemukan pernyataan public static void main (String [] args) adalah pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dijalankan. Pada program di atas terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen.System.out.println(" BIODATA PRIBADI");System.out.println("===============================");System.out.println("Nama : Titik Nurhayati");System.out.println("Nim : 093110013");System.out.println("Jurusan : Teknik Informatika");System.out.println("Jenis Kelamin : Perempuan");System.out.println("Tanggal Lahir : 05-09-1990");System.out.println("Alamat : Jalan Raya Janti");}}kita menggunakan objek System.out dan memanggil metode println()yang akan mencetak kata yang terdapat dalam tanda kurung. Karena kita menggunakan println() maka hasil output akan tercetak di bawahnya, bukan di sampingnya.C. TUGAS1. Buat Program untuk menampilkan 5 jurusan yang ada pada STMIK AKAKOM?public class Tugas{public static void main(String[] args){System.out.println("STMIK AKAKOM YOGYAKARTA");System.out.println("JL. Raya Janti 143");System.out.println("============================");System.out.println("Program Studi");System.out.println("Teknik Informatika/TI");System.out.println("Sistem Informasi/SI");System.out.println("Manajemen Informatika/D3");System.out.println("Teknik Komputer/D3");System.out.println("Komputerisasi Akuntansi/D3");}}2. Tugas dari dosen pengampu?Tidak ada tugas dari dosen pengampuD. KESIMPULANDari penjelasan-penjelasan di atas dapat kita simpulkan, bahwa untuk membuat program dengan bahasa pemrograman java, kita harus membuat sebuah class untuk membedakan program yang satu dengan program yang lain, supaya jika kelas itu ingin di edit kita tidak kebingungan mencari file nya.E. LISTINGTerlampir
Di Blog ini akan sedikit dibahas Mengenai Laporan praktikum , Materi , dan tugas mata kuliah di STMIK AKAKOM YOGYAKARTA .. Tidak sempurna , tapi mungkin sedikit bermanfaat bagi mahasiswa baru yang mengalami kesulitan dalam format laporan atau pencarian materi .. WELCOME , to Avhe's Blog .. .
Jumat, 06 Januari 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar